Selasa, 25 Maret 2014

QnA detacio – random talks about beauty routine: face


Hi! Hi! hari ini Detacio mau ngebahas tentang rutinitas kecantikan.. tsaah.. bahasanya... wkwkwkk... kali ini dibahas tentang muka dulu ya...
Oh iya secara ini blog punya 3 orang. Ga afdol ya kayanya kalau ga ada posting bareng-bareng. Makanya sekalian mau ngenalin QnA Detacio, yaitu postingan pertanyaan-pertanyaan yang dijawab oleh kita bertiga. Khusus postingan kali ini adalah kumpulan rutinitas kecantikannya detacio ya.
E.. sekalian mau jelasin dikit... sebenernya Detacio blog apa sih? Segala maceemm!! Diantara berbagai posting absurd, posting tentang design, craft, art.. aaahh.. Disebut aja deh :) Pokoknya tidak dibatasi, blog ini huru hara, segala dimasukin tentang kegemaran orang-orang dibalik Detacio, tapii pasti akan tersempil banyak banget postingan tentang mekap (Dea tunjuk tangan sebagai banci lenongan) Wkwkwkk... Tapiiii postingan kali ini ga bahas mekap aja kok, lebih luas, soalnya kan mau bahas tentang rutinitasnya.. Jadi lebih kearah apa aja sih yang dilakukan dan pakai produk apa aja sih si para muka ini?
Ok langsung ke pertanyaan aja yaaaa...

Q: deskripsi tentang jenis dan warna kulit
A(dea): sangat sangat sensitif, normal-kering, neutral, medium beige 

A(Gita): non sensitif, kering-normal-berminyak(tergantung lokasi), sawo kematengan 

A(acio): non sensitif, kering-normal, cokelat (kalo kata laki gw coklat nya pake banget)

Q: skin problem(s)
A(dea): selain super super sensitif dan sering kali kering, ternyata... sudah muncul beberapa freckles (aargh sunblock dipake dong deee...!) dan serangan komedo putih akibat pori-pori gampang tersumbat. Masalah jerawat juga pasti muncul apalagi kalau mens datangnya telat, tapi alhamdulillah sudah ga separah pas jaman bau matahari alias jaman sekolahan. 

A(Gita): jerawat di muka dan punggung saat tertentu (aktivitas penuh keringat lalu ga langsung mandi).

A(acio): sebenernya gak bermasalah sih, kalo pun muncul jerawat cuma sebiji dua biji, itu juga jarang, dan terjadi ditempat yang sama.   

Q: skincare regimen and products
produk perawatan muka dan bibir yang dipakai Dea
A(dea): ada dua opsi dari skincare regimen a la dea. Ketika muka lagi normal, yang dipakai adalah pembersih muka hada labo gokujyun ultimate moisturizing face wash dan pelembab hada labo shirojyun ultimate whitening lotion dan kalau ga males pakai sunblock dari  skin aqua.
Dan kalau kulit lagi bermasalah banget, in my case berarti lagi kering, merah-merah, gatel, brutus-bruntus bahkan bisa bengkak dan mati rasa gara-gara alergi sama produk tertentu (biasanya hasil keganjenan -_-“) cuaca dan lain-lain, produk yang dipakai biasanya adalah produk bayi, dari sabun mandi dijadiin sabun muka (kalau lg travel irit tempat, multifungsi, buat sabun mandi dan samponya anak, ples emaknya juga bisa makai hehee...), sampai baby oil jadi pelembab. (Oh ya aku tau ada orang yang anti banget pakai baby oil secara ini mineral oil... tapi di aku cocok dan produk skincare ini masalah cocok cocokan.. jadi yaaaa... gimana ya... wkwkkkk....)
Untuk pelembab bibir pakai maybelline baby lips.
Lalu kalau habis mekapan pol (alias baru kondangan) diusahain double cleansing, pakai kapas yang sudah ditetesi baby oil, lalu pakai toner clean & clear (yang viva iseng beli, mau nyoba, belum dibuka nunggu clean & clearnya habis) untuk mastiin kalau mekap sudah bersih, baru cuci muka pakai sabun muka.
Tambahan produknya adalah si acnes point clear, pas tiba-tiba ada muncul jerawat, tinggal olesin, biasanya sih jadi cepat kering jerawatnya.

produk perawatan muka yang dipakai Gita

Lipgloss
A(Gita): Perawatan muka Git cuma Med Soap Ristra dan Scrub nya Ponds. Tapi sejak hamil makin males cuci muka, tapi ga jerawatan sih. Untuk pelembab kulit pakenya Ristra Sun Block spf 17, tapi lama-lama (seperti biasa) males make, sekarang pake Nivea yang bisa dimanapun (untuk cegah stretchmark juga). Pelembab bibirnya make Nivea Pinkish Boost spf 15 (seperti biasa, kalau lagi pengen n berasa butuh banget aja baru make).


produk perawatan muka yang dipakai Achi

produk perawatan bibir yang dipakai Achi

A(acio): Perawatan muka suka gonta ganti tergantung kemana angin berhembus. Jaman sekolah dulu cuma kenal facial wash sama pelembab, make pond’s tapi lama2 jadi kering banget muka, trus ganti pake clear n clear. Jaman kuliahan udah mulai ganjen, beralih ke bodyshop yang vit.E.  Komplit dah tuh cleanser, toner, facial wash, scrub, dan pelembab. Sempat nyoba yang vit.C juga (emang super tergantung arah angin deh ahahaha) cocok cocok aja sampe jaman kantoran, trus lama2 bosen. Sekarang pake wardah. Kenapa wardah? Karena mba Inneke Koesherawatinya cantik.. ahahahah.. nggak deng, karena waktu itu dapet gratisan satu set komplit. Nah, mumpung gratis, dicobain deh tuh. Ternyata Wardah cocok juga di gw. Jadi, kenapa harus beli yang mahal? (wakakakakaka prinsip ekonomi banget). Sekarang gw pake cleanser, toner (cuma kalo lagi rajin atau abis kondangan), dan facial wash wajib tiap hari.
Urusan pelembab, setelah jamannya body shop dan wardah berlalu, gw lagi nyobain erha21 truewhite activator day cream dan night cream, plus C serum nya, dan cocok cocok aja. Itu juga nyobanya karena ada spot putih deket pipi jadi agak belang gitu, mau nyobain perawatan dokter, erha, natasha dkk gitu takut. Abis ada yang bilang jadi ketergantungan, merah-merah, dan makin parah. Akhirnya nyobain produk OTCnya erha aja deh.. kan lebih aman dari pada yang resepan. Cukup berhasil ternyata, kulit jadi gak belang lagi (zebra kali belang).
Untuk pelembab bibir, suka pake vaseline petroleum jelly (kalo lagi kering banget), atau nivea lipcare.


Q: pernah ke dokter kulit atau pernah/sedang pakai obat dari dokter?
A(dea): pernah ke natasha diajak mama mertua, gara-gara kasian liat muka menantunya kebakar setelah panas-panasan naik motor keliling Bali, ga pakai sunblock pas honeymoon. Dikasih serangkaian obat, yang cuma kepake sehari (sekali sebenernya), gara-gara perih dimuka dan akhirnya semuanya dihibahkan ke mama mertua wkwkk...
Pernah juga ke sekali dokter kulit pas sma/kuliah gara-gara jerawat,  coba cobi beli obat dan facial washnya... kembali ga cocok, karena perih, akhirnya dihibahkan ke adik. Tapi kalau ga salah facial washnya dihabisin sih 1 botol gara-gara sayang wkwkk...
Tapi juga pernah dikasih obat jerawat dari apoteker temen mamah, cocok dari sma - kuliah, terakhir pakai sekitar 1 tahunan lalu. Alasan ga pakai karena males makenya, males rada kering dimukanya.

A(Gita): Pernah waktu SMP! Dan ini juga karena digeret Bude, waktu itu Git masih dinasti poni (dari TK selalu dipotong rambutnya oleh Ayah, jd modelnya selalu rata dan berponi) dan karena hormon dan minyak anak SMP yang dahsyat jadilah berkumpul jerawat + biang keringat di bawah poni. Oleh dokter kulitnya disetrum satu-satu lalu dikasih perawatan merk Ristra semua. Seperti yang Anda tebak...Git hanya pake di awal, ke sananya udah males =))

A(acio) : Gak pernah. Takutttt....

Q: daily make up
daily make up nya Dea: bedak tabur skin food, pensil alis viva, elf brow kit, maybelline baby lip, lip gloss laura mercier, bourjois blush on, nars blush on, mascara maybelline, eyeshadow maybelline
A(dea): kalau mekap jujur pastinya tergantung mood dan kondisi atau keperluannya apa, tapi pada dasarnya yang ngebedain antara daily dan special event paling pemakaian foundation aja. Untuk sehari-hari setelah pakai pelembab muka, pelembab bibir, suka banget pakai blush on, walau cuma dirumah aja seharian. Dan setiap hari selalu dirotasi blush on yang aku punya. Kalau rada keganjenan suka ditambah 1 ulas pensil mata warna nude di bagian waterline dan pensil alis dikit. Kalau lagi kumat banget ganjennya pakai mascara, lip stain tipis-tipis plus bedak dikit atau terheboh pakai eyeshadow warna netral (cokelat matte). Wkwkwkk...
make upnya Gita, tidak dipakai daily hehee... pelembab nivea soft, liquid foundie platinum ristra, pressed powder platinum ristra, eyeshadow dan blush on la tulipe, lipstick ristra

A(Gita): Plain...plain di sini ya literally plain, no make up at all =)) Make up hanya untuk ke pesta tertentu aja (foundie+bedak+blush on+eye shadow[barusan lama mikir ini yg di kelopak mata namanya apa =)) ] + lipstick)
Sekarang ini sih (kalau sedang niat) pake Nivea aja, muka, tangan, kaki, n perut.

daily make up Achi: nyx gel eyeliner, mascara maybelline, pensil alis viva, eyeshadow maybelline, blush on cokelat refill PAC, blush on maybelline, nyx hd loose powder, wardah compact powder, lipstick oleh-oleh umroh dari mama

A(acio): Nah, kalo perabotan lenong gini lumayan banyak nih gw, padahal gak kepake juga, paling kalo kondangan. Tapi, urusan daily mekap udah pasti pelembab, loose powder atau compact powder tergantung mood. Mekap wajib gw adalah pensil alis, Eye Liner, blush on dan lipstik (gak pake bedak juga gak apa2), tambahannya maskara dan eye shadow. Kalo udah pake itu semua, Tadaaaa....! Gw pun berubah dari upik abu menjadi upik yang nggak abu abu banget :p

Q: alasan dalam memilih produk skincare dan make up
A(dea): semua produk yang dipilih (setelah lihat review orang atau iseng beli) kriteria paling utama adalah cocok , ga bikin alergi.
Untuk skincare (dan semua yang termasuk pemakaian sehari-hari seperti sampo, conditioner, lulur, sabun mandi) jujur dari segi pemakaian aku suka boros makanya harganya harus terjangkau dan mudah dibeli, jadi ga akan ragu untuk pakai sebanyak apapun, kapan pun dan ga panik-panik nyari-nyari pas habis. So far puas banget sama produk-produk yang aku pakai. Walau tetap ganjen pengen nyoba yang lain (godaan pengen yang bermerek... aaarrgh!), tapi mikirin kalau alergi lagi, jadi males berpindah hati wkwkwkk...
Sedangkan kalau untuk pemilihan produk mekap kriterianya selain cocok, ga bikin alergi ya adalah menarik dari segi kualitas, packaging, unik warnanya atau teksturnya dan lain-lain. Untuk harga lebih longgar soalnya make up susah habisnya, jadi mahal dikit ga masalah apalagi blush on.. eerr dan lips product deng.... eerrr... dan make up brush jugaaaa wkwkkk... ntar ya ada post khusus koleksi make up ku..

A(Gita): Kalau alat mandi itu karena Nyokap yang beli (secara masih serumah) jadi dipake aja apa yang disediain berhubung kulit ga alergian, kalau pembersih muka dan make up banyak Ristra dan Tulip karena mereka udah SH-MUI. Ga mahal-mahal amat juga, lagian ini make up hampir seabad sekali belinya =))
Intinya sih karena kulit Git ga alergian jadi apa aja oke, dibeliin juga OK banget malah! Tapi berhubung Git make up kalo dipecut doang (alias terpaksa) dan suami malah lebih suka Git ga ber-make up jadi pemirsa paham kan kenapa soal make up Git sedikit banget bahasannya.

A(acio): Kan tadi udah gw bilang, tergantung kemana angin berhembus. Kadang2 suka korban iklan deh gw, kemaren abis beli sabun Lux cair gara2 liat iklannya si BCL. Yang paling penting, produk apapun yang kita pake, sebaiknya yang cocok dengan kulit kita, dan kantong kita. Kalo harganya murah dan kualitasnya bagus gak nolak sihh.. mau banget malah, ahahahahaha...

Ok sip! Bunggkuuuss!

Ehh..

Posting kali ini super panjang, tetap harus ada akhir katanya lagi ya.. Biar ga gantung wkwkwk.. Tadinya jujur udah ngerasa selesai aja postingannya, kenyang ngebacanya wkwkk.. Tapi yaa semoga dengan ada nya QnA dari Detacio, bisa pada dapat inspirasi untuk produk skin carenya ya...  Ga perlu mahal sebenarnya tapi kalau punya uangnya dan penasaran, beli aja lagi (ok racun mode on wkwkwkk), ga perlu mikirin pendapat orang, asal kita nyaman dan cocok, hajar aja terus :)
Asik ya ternyata QnA gini? Tenang, sudah disiapkan part 2 nya kok :) Terima kasih ya sudah baca. Smoga bermanfaat :) 

-dea-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar