Kamis, 24 April 2014

resep masak: spageti bakar ayam

spageti bakar ayam


Sudah cerita ya kalau anakku sakit.. Yang paling drama itu kalau mulai males makan. Antara khawatir, sebel, dan bingung ya pastinya kita. Akhirnya tadi iseng bikin spageti bakar ayam, resep yang simpel, rasa lumayan, dan alhamdulillah si unyil mau makannya :')

Resepnya bener-bener simpel banget. Ga pakai oven pulak. Cuma pakai microwave sajo, dan resepnya tanpa takaran heheee.. Semua kira-kira aja.

Yang dibutuhkan:
Spageti
Ayam fillet
Susu putih UHT Ultra (atau merek lain)
Keju slice
Telur ayam
Tepung maizena
Bawang putih
Oregano
Garam
Royco bubuk (penyedap rasa merek apa saja, optional)
Mentega
Minyak goreng


Caranya:
Spagetinya dikira-kira butuh berapa sesuai dengan besar piring anti panasnya. Direbus diatas air mendidih yang sudah dikasih minyak goreng (supaya spagetinya tidak saling menempel) dan garam sedikit. Biarkan hingga spagetinya cukup matang, asal spagetinya sudah tidak keras saja (karena nantikan mau dimasak lagi dimicrowave)

Paralel dengan spageti, siapkan potongan fillet ayam yang sudah dibumbui garam, atau bumbu yang disukai lainnya (misal bumbu tepung yang sudah jadi) atau daging giling juga boleh (lauknya terserah tergantung kesukaan, kebetulan dikulkas tadi adanya ayam), goreng hingga matang kemudian potong kecil-kecil (direbus juga boleeehh)

Masukan spageti yang sudah ditiriskan ke piring anti panas, kemudian tuangkan susu putih UHT Ultra sampai merendam semua spagetinya (spageti dan susunya jangan sampai terlalu banyak juga, nanti takut tidak cukup ketika kita masukan bahan-bahan yang lain, biarkan sekitar 1/4 bagian piring kosong)

Kemudian pindahkan spageti dan susu putih ke mangkok yang lain, sedangkan piring anti panasnya dilumuri merata dengan mentega.

 Taburi oregano kering, garam, royco bubuk (kalau mau) secukupnya, masukkan keju yang sudah diparut atau keju slice yang sudah diremukkan (aku pakai 3 slice keju), potongan ayam, 1 sendok teh tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air, masukkan bawang putih yang sudah dicacah (kalau aku pakai 2 siung), coba rasanya, kurang apa tambahkan sesuai selera :) Setelah rasa sesuai dengan selera, masukkan telur yang sudah dikocok (aku pakai 2 butir telur) (aku sengaja masukan telur terakhir karena males nyicipin telur mentah heheehee...) aduk semua sampai rata.

Masukkan semuanya kedalam piring anti panas yang sudah dilumuri mentega, kemudian masak di dalam microwave (mau oven juga boleeehh) kalau ini percobaan pertama, coba per 2 menit sekali, lihat sudah matang belum, kalau belum masak lagi 2 menit lagi, coba terus sampai matang, nanti percobaan kedua dengan piring yang sama ya jadi sudah tahu butuh total berapa menitnya :) kalau aku total butuh 6 menit.

Ciri-ciri sudah matangnya adalah dibagian samping-sampingnya sudah mengeras, dibagian tengahnya ketika kita tusuk relatif sudah tidak cair dan rasakan sudah tidak mentah lagi, jangan khawatir kalau bagian tengahnya seperti masih basah, karena itu keju yang cair (apalagi kalau kejunya banyak ya), ketika kita bawa lama diluar akan mengeras juga bagian tengahnya kok :) (pokoknya rasakan saja rasanya ketika kita tusuk, sudah matang atau belum)

Wkwkkkk.. Ini sharing resep macam apaaa iniii....

Baiklah terima kasih sudah dibaca, smoga bermanfaat :)


-dea-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar