Selasa, 18 Februari 2014

Playing with Pattern 2

Yup, ini kelanjutan dari post sebelumnya. Masih bersama Gita dan masih bermain dengan vector dan pattern.

Tadinya sih urung untuk dipost karena pattern kemarin begitu diprint masih banyak kekurangan pada hasilnya karena pengaruh mesin cetak (printer). Tapi karena aura mendorong dari Dea :)) jadilah Git post hasilnya beserta penjelasan kekurangan dan pembelajaran lainnya.

Pattern yang kemarin Git buat diaplikasikan pada desain kartu ucapan serbaguna. Tujuannya sih agar saat sewaktu-waktu Git butuh kartu ucapan, sudah ada dan desainnya eksklusif buatan sendiri.

Kartu ini Git print di sebuah Digital Printing dengan bahan karton bertekstur, karena menurut Git print pada bahan uncoated paper lebih sedikit turun warnanya dibanding pada coated paper macam art paper/ art carton, dan bahan bertekstur lebih menarik hasilnya.

Namun di Digital Printing ini sedang kehabisan stock karton A3+ sehingga menggunakan A3 dimana desain yang Gita buat ngepas di kertas dan sulit digeser untuk diakali agar pergeseran saat print bolak balik jadi lebih minim. Jadilah bergeser lebar banget....1 cm lebih T_T) /nangisguling2

Yak, mari kita saksikan tampilannya:


Tampilan seluruh hasil print.

Hasil cetak pattern 1, terlihat pada bagian depan kanan ada list hasil geser.
Hasil cetak pattern 2, terlihat pada bagian depan kanan ada list hasil geser bermotif pattern lain.
Hasil cetak pattern 3, terlihat pada bagian depan kanan ada list hasil geser bermotif pattern lain.
Kartu tambahan seperti model ucapan terima kasih pada souvenir, ukuran kecil.


Lalu karena ada beberapa bug pada Adobe Illustrator CS6 dan setelah masuk forum Adobe ternyata juga banyak yang komplain, yaitu saat membuat pattern selalu muncul garis tipis seakan kita tidak memposisikan gambar pattern dengan tepat. Garis ini bisa dihilangkan dengan langkah berikut:

1. Pilih objek yang sudah kita beri pattern, lalu pilih menu Objek > Expand > pilih Fill > OK
2. Klik kanan pada objek berpatternnya pilih Ungroup.
3. Klik kanan lagi pilih Release Clipping Mask
4. Pada menu Pathfinder pilih Merge.

Ada garis cokelat ganggunya kan?
Lalu garis mengganggunyapun hilang, utk mengembalikan Clipping Mask sebelumnya, pilih objek dan garis clipping mask yang tidak nampak, klik kanan dan pilih Make Clipping Mask.

Repot yah tapi begitulah.
Masalah kedua adalah, saat Git jadikan file PDF untuk print (karena biasanya Digital Printingnya lebih mudah menerima PDF) pada tampilannya memang sempurna (garis mengganggu tidak muncul walaupun tanpa langkah2 di atas) namun pattern yang seharusnya segi empat hanya muncul seperempatnya. /lagi2nangis

Harusnya motifnya begini...tapi-


-keluarnya malah ga sempurna gini.
 Kalau kata Mas Digital Printingnya sih next time bawa aja file Illustratornya, karena bila langsung diPDFkan suka ga lengkap gitu saat diprint.

Begitulah kira2 curahan hati Git hari ini, tapi bukannya kapok, malah konsultasi sama sodara yang kerja di percetakan dan berencana cetak lebih banyak lagi. SEMANGAT!!

..ciao..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar