Selasa, 04 Februari 2014

Tutorial: Repress make up powder yang pecah

Jadi, suatu hari aku baru beli NYX mosaic powder blush warna highlighter, masih segel, masih disayang-sayang dan si bocah ngerebut itu mosaic, PRAK! Dilempar lho itu.... mau nangis rasanya... muahahaaaaa...!! sampai ga bisa berkata-kata, dan berkaca-kaca dong mataku. Lebay mode on.
bukti kerusakan..

Malesin ga sih liat make up rusak gitu? Padahal baru lho. Tapi bener liatnya aja udah males, apalagi makainya. Mikirin harganya, masih lah dipakai 1-2 kali. Udahannya bertengger manis disudut berdebu train caseku, dan makin hancur patah-patah dan ngotorin train case, padahal paling juga cuma keguncang dikit pas mau mindahin traincase pas mau dandan. Bete banget dong.
Makanya sekarang mau aku repress lagi. Gugel-gugel, ternyata caranya tidaklah susah lho. Pede pasti bisa ini sih, sampai dijadiin tutorial deh sekarang. Coba yah kita buktikan...


Barang yang diperlukan:
  • make up - pressed powder yang rusak
  • kain kasa steril
  • 2 sendok
  • alkohol 70%
  • alat untuk repress make up, dengan permukaan lurus, dan besarnya sama dengan make up yang akan kita repress, disini aku pilih tutup bedak herocyn yang ukuran kecil.
  • Yang tidak ada difoto, tetapi digunakan saat proses repress adalah cottonbud dan tisu

Cara:
1.     Ubah menjadi bubuk
Dengan menggunakan sendok kecil, remukan hingga semua pressed powder yang pecah tersebut menjadi bubuk halus. Yang sulit dari mosaic powder ini adalah terdapat 5 warna yang berbeda, inginnya sih kembali ke rupa awal, tapi susah ya. Oh ya kalau yang pecah 1 warna bisa lho pecahannya dimasukan ke plastik transparan lalu diremukan dengan sendok, tanpa khawatir si bubuknya bertebaran kemana-mana. 
proses pembubukan

hasil pembubukan

2.     Ubah menjadi pasta
Tuangkan alkohol 70% lalu aduk dengan sendok hingga seluruh bubuk tersebut berubah menjadi konsistensi pasta. Tipsnya sediakan 2 buah sendok, karena pasta cenderung menempel kepermukaan sendok, sehingga dibutuhkan sebuah sendok lain untuk melepas pasta yang menempel. Lalu ratakan permukaan pasta. 
tuang alkohol 70% secukupnya

pasta

3.     Proses repress
Sediakan beberapa lapis kain kasa dan tisu. aku jelaskan dulu ya, alasan kenapa aku pakai kain kasa adalah untuk membuat pola diatas permukaan pressed powdernya. Sedangkan tisu untuk menyerap sisa alkohol yang ada.
Siapkan benda dengan permukaan datar yang bisa dipakai untuk repress, cari yang  ukuran dan bentuknya sesuai dengan make up yang ingin kita repress, kebetulan herocyn ukuran kecil pas sekali dengan ukuran pan dari mosaic blush ini.
Atur kain kasa menghadap pertama diatas permukaan pasta, lalu lapisan tisu. Tekan perlahan dan menyeluruh kesemua permukaan make up. Apabila tisu sudah terlalu basah, ganti dengan tisu lain. Ulangi hingga kita merasa make up telah relatif kering.
pasta diratakan - tutup dengan kain kasa dan tisu

cari permukaan yang ukurannya sama dengan make up

tekan kuat dan merata

4.     finishing
bersihkan sisa-sisa pasta atau bubuk yang menempel diatas pan dengan cotton bud ataupun tisu. Lalu diamkan makeup hasil repress disuhu ruangan hingga benar-benar kering. Aku mendiamkan hasil repressku selama 2 hari (2x24jam), walau sehari (24jam) pun sudah terlihat kering, tapi biar benar-benar yakin kering akhirnya aku diamkan selama 2 hari.  
hasil akhir! 
violaa!! Akhirnya bisa dipakai kembali deh NYX mosaic blushku, walauuuu yaaaa... hasilnya semua warna tercampur, tapi tidak mengurangi kualitas dari sebelum direpress kok.
 
happy repressing

                                                                                                                               -dea-





Tidak ada komentar:

Posting Komentar